Kamis, 04 Agustus 2011

SKRIPSIKU 2

Posted by http://smpm6klego.blogspot.com  |  at  06.45

BAB III
GAMBARAN UMUM MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH KARANG PAKEL
SUMBERAGUNG KLEGO KABUPATEN BOYOLALI


A.Gambaran Umum Madrasah Dinilah Salafiyah
1.Sejarah Singkat
Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel Sumberagung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali memiliki sejarah panjang. Pada awal berdirinya sekitar tahun 1990, Lembaga Pendidikan ini bermula dari sebuah halaqoh kecil disebuah surau atau mushola di dusun Karangpakel yang dipimpin oleh Bapak H.Mahali. Selama kurang lebih 3 tahun. Halaqoh ini terus berjalan dengan sistim pembelajaran Sorogan yang hanya mempelajari tata cara membaca Alqur’an.
Seiring dengan perjalanan waktu, anak-anak yang berusia 5-13 tahun dari Karangpakel dan sekitarnya dengan kesadarannya sendiri dan dengan dorongan orang tua berbondong-bondong bergabung pada halaqoh tersebut hingga Mushola yang kecil itupun setiap sore Ba’da Asyar dipenuhi anak-anak yang ingin belajar Alqur’an.
Dikarenakan sempitnya ruangan mushola dan terbatasnya tenaga pendidik akhirnya halaqoh tersebut di bagi kebeberapa kelompok dan tempat. Atas inisiatif para tokoh seperti H. Mahali, H. Muh.Nasir, Bapak Zubaidi,H. Thohir dan tokoh yang lain membentuk Tiem Tadarus untuk menampung banyaknya anak-anak yang ikut belajar Baca dan tulis Al-Qur’an, dengan metode Sorogan yang diterapkan selama 2 tahun anak-anak tersebut mampu membaca Alqur’an bahkan mampu menghatamkan bacaan Alqur’an 30 juz.
Pada Tahun 1994 atas inisiatif Bapak Abdul Karim, Drs. Sulaiman, H.Muhdi yang mana tokoh-tokoh tersebut adalah para Alumnus Pondok Pesantren Tremas Jawa Timur dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dengan dukungan para sesepuh masyarakat mengubah sistim lama yang hanya sebatas Sorogan dan Tadarus dirubah kedalam sistim pendidikan klasikal keagamaan dalam forum Taman Pendidikan Alqur’an dengan tetap menggunakan sistim Sorogan. Mulai pada Tahun tersebut berdirilah Taman Pendidikan Al Qur’an Karangpakel yang berlokasi dimasjid dan mushola. Adapun materi-materi tambahan selain pelajaran pokok BTA adalah Ibadah, Akhlak, Sejarah Islam dan Tauhid.
Melihat perkembangan dan minat masyarakat Karangpakel dan sekitarnya akan pentingnya pendidikan agama seiring dengan tingkat kesadaran para praktisi pendidikan terutama warga Karangpakel yang merantau di Jakarta dan para dermawan, maka pada Tahun 1995 berkat tanah wakaf dari tanah atas nama milik Ibu Rowiyah seluas 450 MTs Negeri Klego dibangunlah sebuah gedung berlantai 2 yang megah untuk Lembaga pendidikan Agama. Setelah pembangunan selesai selama + 2 Tahun, dibentuklah sebuah kepengurusan Pendidikan Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel.
Sesuai dengan kondisi masyarakat yang senantiasa berkembang, pada tahun 1997 mulailah proses pembelajaran keagamaan pada Pendidikan Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel. Mulai berdirinya,Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel memiki jenjang pendidikan yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan Non Formal dan Pondok Pesantren yaitu TPA-A/Lanjutan, Madrasah Diniyah Tingkat Awwaliyah,dan al-Wustho.
Akhirnya pada perkembangan sampai saat ini Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel telah berstatus menjadi sebuah lembaga pendidikan Pesantren Salafiyah Assyafi’iyah.
Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel sampai saat ini adalah Madrasah Non formal yang tetap Eksis dalam program pembelajaran dan kurikulumnya dan merupakan Madrasah yang memiliki siswa terbanyak di Wilayah Kecamatan Klego bahkan Kabupaten Boyolali.
Pada awal tahun 2008 Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel dalam mengukuhkan status sebagai lembaga pendidikan Non formal telah memiliki Akta Notaris yang dapat dijadikan sebagai salah satu pegangan dalam pendidikan.

2.Letak Geografis
Secara geografis,letak Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel Sumberagung Klego Boyolali berada ditengah-tengah pedesaan yang asri dan sangat kondusif untuk proses pembelajaran agama.
Adapun letak Madrasah diniyah salafiyah karangpakel secara jelas dapat dikemukakan sebagai berikut:
a.Sebelah utara dibatasi persawahan milik warga (milik Hj.Aminah)
b.Sebelah selatan dibatasi dengan Jalan Raya Karangpakel-Ngegot
c.Sebelah Timur dibatasi Asrama Pengasuh Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel
d.Sebelah barat dibatasi Masjid ‘Ibadurrohman
Mengenahi kondisi iklim dilingkungan Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel ini tidak jauh berbeda dengan iklim diwilayah Kabupaten Boyolali pada umumnya,yaitu suhu udara yang sangat panas pada musim kemarau dan sangat dingin pada musim penghujan. Namun yang menjadi permasalahan sekolah bukan pada kondisi musim iklim,tetapi kondisi social ekonomi masyarakat setampat yang mayoritas tani dan perantau yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja sehingga perhatian terhadap pendidikan Agama anaknya relative kurang,maka dengan berdirinya Madrasah diniyah salafiyah karangpakel sedikit membantu para warga setempat untuk cendrung memasukkan anaknya kelembaga pendidikan agama tersebut.

3.Struktur Organisasi Madrasah

Struktur di atas satu sama lain saling berinteraksi (hubungan timbal balik) dalam melaksanakan tugas dan saling melengkapi. Mulai dari penasehat umum, kepala yayasan kepala madrasah merupakan salah satu figur yang memiliki potensial dalam meningkatkan kegiatan belajar mengejar. Proses pembelajaran sehari-hari merupakan tanggung jawab dari kepala sekolah, sehingga kepala secara maksimal berusaha untuk meningkatkan proses pembelajaran baik pelajaran umum maupun pelajaran agama.
Kepala madrasah tugas yang dilaksanakan memimpin seluruh pelaksanaan pendidikan dan pengajaran serta bertangung jawab seluruh kegiatan sekolah. Tugas utama Kepala Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel di antaranya :
a.Mengatur penyelanggaraan pendidikan.
b.Mengatur adminitrasi perkantoran .
c.Mengatur adminitrasi kepegawaian.
d.Mengatur adminitrasi keuwangan.
e.Mengatur adminitrasi sarana prasarana sekolah
f.Mengatur adminitrasi perpustakaan.
g.Mengatur adminitrasi rumah tangga sekolah.
h.Mengatur pembinaan kesiswaan.
i.Melakukan pengendalian seluruh kegiatan.
j.Melakukan tugas yang diberikan dari atasan.
Kepala madrasah di bantu oleh wakil kepala madrasah, wakil kepala madrasah tugas yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran di antaranya :
a.Mewakili kepala madrasah, baik kedalam maupun keluar apabila kepala sekolah berhalangan.
b.Membantu kepala madrasah khususnya dalam hal :
1)Pelaksanaan tata tertib sekolah dan disiplin Guru/karyawan dan siswa.
2)Urusan rumah tangga sekolah.
3)Kesejahteraan Guru/karyawan.
c.Membantu kepala madrasah dalam masalh mutasi murid.
d.Mengurusi B.P
e.Ikut serta mengurusi Ektra kurikiler.
Kemudian guru Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel memiliki tugas yang dilaksanakan, di antaranya :
a.Secara profesional, mendidik, mengajar, melatih, membina dan membimbing kearah kemajuan lahir batin.
b.Membantu program semester serta satuan pelajaran.
c.Melaksanakan jadwal pelajaran.
d.Mengavalusi kegiatan belajar mengajar.
e.Mengetahui kehadiran siswa.
f.Mengetahui jumlah dan nama serta identitas siswa.
g.Mengetahui masalah yang dihadapi siswa .
Wali kelas memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembelajaran, diantaranya :
a.Bertugas mengelola kelas baik teknis adminidtrasi maupun edukatif, antara lain absent siswa, jurnal kelas, kebersihan kelas.
b.Membantu keberhasilan belajar anak.
c.Memberikan masukan pada guru BP dan petugas lain yang berkaitan.
Dengan demikian, susunan organisasi di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel satu dengan lainnya saling melengkapi dan saling melaksanakan tugas masing-masing sesuai profesi dan amanah yang di emban, sehingga kegiatan pembelajaran di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel betul-betul dapat dilaksanakan secara maksimal dan berusaha untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Susunan pengurus di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel merupakan ujung tombal dalam proses pembelajaran. Berhasil dan tidaknya kegiatan belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh kinerja pengurus mulai dari penasihat sampai siswa.
Profesionalisme pengurus merupakan salah satu kunci utama di dalam melaksanakan tugas sehari-hari sesuai dengan bidang yang menjadikan amanat untuk dilaksanakan.

4.Denah Lokasi Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel
5.Sarana Dan Prasarana
Untuk menunjang pelaksanaan pendidikan,di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel memiliki 5 ruang kelas dan 1 ruang kantor guru dan dilengkapi kamar kecil yang berada di belakang gedung Madrasah Diniyah.
Khusus untuk memenuhi kebutuhan guru dalam pelaksanaan pembelajaran disediakan beberapa buku paket kitab-kitab salaf dan buku paket yang diterbitkan dari Departemen Agama gambar-gambar dan lain sebagainya..Karena keterbatasan dana,kebanyakan guru menbuat alat-alat peraga sendiri yang dibutuhkan untuk penunjang pembelajaran dikelas.
Sedangkan untuk mendukung keperluan keadminitrasian Madrsah Diniyah Salafiyah Karangpakel memiliki Sarana dan prasarana fisik sebagai berikut:

Tabel 1
Lokasi Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel
NoNama Keterangan
1Gedung 25 m2
2Halaman 15 m2
3Daya Listrik 900 Watt
4Pagar 15 m2

Tabel 2
Bangunan Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel
No Nama Jumlah Keterangan
1 Ruang Kepala Sekolah 1 Buah 6 m2
2 Ruang Guru dan Tata Usaha 1 Buah 20 m2
3 Aula 1 Buah 40 m2
4 Kamar kecil Guru 1 Buah 10 m2
5 Kamar Kecil Siswa 1 Buah 10 m2
6 Ruang Taman Bacaan 1 Buah 15 m2

Tabel 3
Inventaris Barang Madrasah Diniyah Salfiyah Karangpakel
No Nama Barang Jumlah Keterangan
1 Meja Guru Kelas 6 Buah Baik
2 Kursi Guru Kelas 6 Buah Baik
3 Meja Siswa 60 Buah Baik
4 Kursi - Siswa Lesehan
5 Meja dan Kursi tamu 1 Set Baik
6 Almari kantor 2 Buah Baik
7 Komputer 1 Unit Baik
8 Alat Musik Rebana 1 Set Cukup
9 Papan Tulis 6 Baik
10 Suond system 1 Unit Baik

Untuk menunjang kegiatan Ektra Kurikuler pada 2 ruang yang berada di lantai 2 di desain semi Aula yang mana disaat digunakan untuk kegiatan Ektra Kurikuler sekat pembatas ruangan di buka.
Secara umum sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel masih belum memadai.Dan hal ini tugas para tokoh dan para warga masyarakat untuk membantu mewujudkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

6. Kondisi Guru, Karyawan dan Siswa
Secara keseluruhan jumlah guru dan karyawan yang ada di Madarasah Diniyah Salafiyah Karangpakel Sumberagung Klego Boyolali ini sebanyak 21 orang yang terdiri dari 1 Kepala Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) 1 Kepala Madrasah Diniyah Salafiyah Tingkat Awwaliyah, dan 1 Kepala Madrasah Diniyah salafiyah Tingkat Al-Wustho. Sedangkan 18 oang guru lain bertugas sebagai pendidik dan sebagian merangkap sebagai Waka.Madrasah.Dari jumlah tenaga Pendidik (Educatif) tersebut hampir 70 % berlatar belakang pendidikan Pesantren dan Akademik,Sedangkan yang lainnya sebagian masih menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi.
Dlam penyelenggaraan pendidikannya, Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel tidak beda dengan lembaga pendidikan Pesantren dan Pendidikan Non Formal lainnya yaitu sistem guru Mata Pelajaran.Meskipun tugas utama guru dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran,namun untuk mewujudkan ketertiban dan kelancaran pendidikan Madrasah Diniyah salafiyah Karangpakel, mereka juga mendapat tugas tambahan sebagai Wali kelas yang bertugas melaksanakan pengelolaan kelas baik dari segi administrative maupun educatif.


B. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel berjalan dengan baik di mulai jam pelajaran 07.00 hingga selesai yaitu jam 13.00 WIB, kecuali hari Jum’at pulang jam 11.00 WIB.. Terutama sebelum masuk wali kelas masing-masig mengordiner setiap kalas, dan sebelum pelajaran dimulai siswa disuruh membaca surat-surat penadek. ( Juz Ama ) yang dipimpin oleh ketua kelasanya dan kegiatan ini berjalan dengan lancar. Kemudian dalam pembelajaran pengembangan di isi dengan dengan kegiatan mengertikan kosa kata bahasa arab. Agara siswa dapat mengembangkan pikiranya dengan baik. Kalau untuk jamaah dhuhur setiap murid juga berjamah ada yang ke moshola.desa karena untuk mushola. di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel sendiri belum mencukupi untuk peralatan ibadah siswa membaca dari rumah sendiri karena fasilitas sekolahan belum memandai / mencukupi.
Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel diprioritaskan, khususnya pelajaran Fiqih yang memberikan materi ibadah shalat, baik secara teori maupun praktik. Siswa setelah mendapatkan pelajaran Fiqih terutama dalam sub pembahasan ibadah shalat, guru memberikan secara maksimal supaya siswa mampu mengerjakan ibadah shalat secara baik dan benar. Proses pembelajaran ibadah shalat, terlebih dahulu siswa diberikan pelajaran secara teori dan di suruh menghafal khususnya tentang bacaan-bacaan shalat, setelah siswa hafal baik bacaan maupun gerakan shalat, kemudian dilakukan praktik shalat baik secara berjamaah maupun dengan sendiri-sendiri. Pada waktu praktik siswa di suruh membaca bacaan shalat secara keras. Hal ini dimaksudkan guru akan mudah mengontrol siswa apakah sudah mampu menghafal lafal-lafal shalat atau belum. Jika belum mampu atau masih banyak yang salah, siswa tersebut diberikan pembinaan sampai betul-betul dapat melafalkan bacaan-bacaan shalat.
Setelah siswa mampu mengerjakan shalat baik bacaan dan gerakan-gerakan shalat sempurna diharapkan siswa berusaha secara maksimal untuk menanggulangi perilaku yang menyimpang. Sebab tujuan melaksanakan ibadah shalat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar. Selama ini siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel secara keseluruhan belum ada yang dinilai menyimpang perilaku yang menyimpang, karena setiap gerak-gerik siswa yang sekiranya mencurigakan selalu di awasi dan diberikan pembinaan secara maksimal, sehingga siswa akan terjaga dari hal-hal yang menyimpang. Guru agama dan guru yang lain di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel saling bekerja sama untuk memberikan pembinaan pada siswa untuk selalu berbuat kebajikan dan mencegah kemungkaran, hal itu mudah diterima oleh siswa karena dari rumah sudah mendapat bekal bimbingan dari orang tua.

C. Pengaruh Ibadah Shalat terhadap Pembentukan Akhlak Siswa
Pelaksanaan ibadah shalat bagi siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel secara langsung dapat membentuk akhlak siswa. Hal ini mengandung pengertian, bahwa siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel setelah diberikan bimbingan ibadah shalat, kemudian berusaha secara maksimal untuk melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sesuai kemampuannya. Karena shalat memiliki tujuan untuk membentuk insan dalam ber amar makruf nahi mungkar, selanjutnya siswa berusaha secara maksimal setelah melaksanakan ibadah shalat untuk berakhlak yang baik. Misalnya dengan sesama siswa saling menghormati, sopan santun, berakhlak yang baik dengan sesama dan menunjukkan pada hal-hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel secara umum merupakan siswa yang taat melaksanakan ibadah shalat. Ketaatan siswa melaksanakan ibadah shalat merupakan salah satu modal awal dalam membentuk akhlak siswa yang lebih baik serta positif.

D.Penyajian Data
Penyajian data dalam penelitian di Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel terbagi ke dalam dua variabel yaitu :

1.Ibadah shalat
Untuk mengetahui ibadah shalat siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel kelas III dan kelas IV dilakukan penilaian dari praktik shalat yang dinilai sebagai berikut :
a.Gerakan shalat
b.Bacaan shalat
c.Tata tertib / urutan
Penilaian Ibadah shalat siswa kelas III dan kelas IV Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel dapat dilihat pada lampiran.

2.Pembentukan Akhlak Siswa
Pembentukan akhlak siswa yang di maksud dalam penelitian ini adalah pembentukan akhlak siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel setelah melaksanakan ibadah shalat. Pengumpulan data mengenai pembentukan akhlak siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Karangpakel diperoleh dengan menyebar angket terhadap sampel yang sebelumnya telah ditentukan dalam penelitian. (nilai penyebaran angket dapat di lihat pada lampiran).

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

animasi-bergerak-bendera-indonesia-0010
">See all posts'); document.write('

?max-results=10">

'); document.write("?max-results="+numposts1+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts2\"><\/script>");
Diberdayakan oleh Blogger.
?">index'); document.write('

?max-results=10">Label 5

');
    ?max-results="+numposts2+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts2\"><\/script>");

Mengenai Saya

anak singkong yang tak berhenti bermimpi cinta damai dan selalu setia

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Translate

Popular Posts

MITRA

back to top